Steve Jobs – Inovator & Kreator Seluruh Dunia

Steve Jobs“Steve Jobs memiliki kinerja terbaik sebagai CEO dalam 50 tahun, mungkin 100 tahun.” Itulah bagaimana Google Eric Schmidt menilai karir Steve Jobs yang meninggal pada hari Rabu kemarin. Namun sejarah akan setuju dengan penilaian Schmidt tentang Jobs. Tidak hanya sang CEO Apple menciptakan perusahaannya yang bernilai US$ 350 miliar, ia juga mengubah cara orang Amerika berpikir tentang komputer dan juga bagaimana mereka berpikir tentang kehidupan mereka.

Untuk teknologi komputer, yang dikenal sebagai kompleksitas misterius, dia membawa kesederhanaan. Untuk industri dikenal sebagai fungsionalitas culun / jelek, dia membawa keindahan. Untuk generasi baru yang bekerja di rumah kerja, pencipta dan pengusaha, dia membawa rahmat jenis baru yang kreatif.

Ekonomi AS akan melalui masa-masa sulit sekarang, tapi mereka akan lebih sulit jika tanpa visi Jobs untuk setiap orang menjadi produser sendiri.

Jika sebagian besar kegiatan ekonomi dan pertumbuhan datang dari keinginan manusia untuk tumbuh dan berkembang, itulah Jobs yang memungkinkan pemberdayaan pribadi bagi jutaan orang, pergi ke setiap toko Apple dan Anda akan melihat orang-orang belajar bagaimana melakukan hal yang mereka tidak tahu bagaimana melakukannya, dan kemudian akan keluar untuk melakukannya dengan cara mereka sendiri.

Itulah visi Jobs penting: Kita semua bisa melakukan ini, dan banyak lagi – dengan Mac. Dan sebagai konsekuensi dari visi pemberdayaan yang benar-benar transformatif.

Beberapa dari kita ingat kembali ke iklan terkenal “1984” untuk komputer Macintosh baru, yang ditayangkan di TV hanya sekali, selama 1984 Super Bowl. Hal ini berakhir dengan kata-kata, “Pada 24 Januari, Apple Computer akan memperkenalkan Macintosh. Dan Anda akan melihat mengapa 1984 tidak akan seperti ‘1984.’ Artinya, dunia masa depan tidak akan menjadi milik birokrasi terpusat dan mainframe raksasa, melainkan, itu akan menjadi milik individu yang kreatif dan komputer pribadi mereka, masing-masing bebas untuk melakukan hal mereka sendiri.

Setelah semua, Jobs yang benar-benar berhasil: Dia adalah bahwa kombinasi langka, seorang visioner yang bisa melihat sesuatu yang lebih baik di masa mendatang, tetapi yang kemudian bisa turun ke seluk-beluk untuk mendorong proyek-proyek sampai selesai dan menang. Sedangkan dengan Jobs, kita semua akan mengingat, “iMac,” “iPod”, “iPhone,” dan “iPad.”

Dampaknya yang besar adalah pada budaya dan konsepsi diri pada abad ke-20 dan 21. Dia menawarkan sebuah visi yang banyak hal: itu kapitalis, tetapi juga arty-liberal. Namun itu bahkan lebih liberal. Dan di atas semua, itu keren.

Lebih dari dua abad lalu, penyair William Blake menyatakan, “Saya harus membuat sistem atau diperbudak oleh orang lain. . . bisnis saya adalah untuk menciptakan”. Itu Steve Jobs, yang menciptakan dunia yang kita semua dapat hidup lama setelah kematiannya. Ini adalah kita, yang hidup dan yang menciptakan, yang adalah warisan sejati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *